GPS tracking kapal laut atau sering disebut pula Marine Tracking belakangan ini sangat bermanfaat bagi perusahaan pelayaran yang ingin memantau posisi kapalnya di lautan luas yang tidak terjangkau oleh alat pendeteksi radio atau GPS Tracker biasa.

tips membeli gps pelacak kapal

GPS tracking type ini berbeda dengan perangkat GPS tracking kendaraan darat yang menggunakan jaringan seluler  GSM/GPRS pada umumnya, namun data pengiriman alat tracker ini  menggunakan parameter data satelit seperti Inmarsat - Globalstar - Birru dengan model C. data satellite model C adalah data transmit satu arah dari perangkat GPS ke base station server dapat disebut pula protokol simplex. Disaat radio komunikasi tidak terjangkau maka perusahaan atau pemilik masih dapat mengetahui posisi melalui perangkat ini.

GPS tracking ini dapat membantu perusahaan atau pemilik kapal untuk mengetahui posisi kapalnya berupa lokasi bujur/lintang (long/lat) jarak yang ditempuh serta kecepatannya. GPS tracking kapal ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas kedap air sehingga meskpun kapal karam akan dapat diketahui titik lokasinya namun tentunya dengan kedalaman terbatas.

Untuk mengetahui aktivitas kapalnya maka perusahaan atau pemilik tidak perlu di hadapkan dengan layar monitor selalu karena suatu aturan wajib bahwa perusahaan penyedia layanan / Vendor GPS tracking ini telah membekali data histori perjalanan yang dapat diunduh sewaktu-waktu oleh perusahaan atau pemilik kapal ke dalam jurnal laporan secara tertulis (file excel dsb). Selain itu posisi kapal dapat pula dicek melalui perangkat dengan internet mobile seperti smartphone maupun tablet PC yang berbasis OS Android - IOS - Windows Mobile.
konfigurasi gps tracking satellite

Beberapa type baru GPS tracking kapal ini disuplay power dengan batrai long live sehingga selain dapat dipasang ke kapal cargo, kapal penumpang, kapal tanker, tug boat bahkan dapat diaplikasikan ke kapal tongkang maupun kapal layar sekalipun yang memang tidak memiliki sistem kelistrikan. 

cara melacak kapal

Facebook Google twitter
Keyword: GPS Tracking untuk Kapal Laut Menggunakan Data Satelit
Comments
0 Comments