Di era sekarang ini bisnis rental mobil atau yang sering disebut rent car bertumbuhan pesat di Indonesia, seperti di kota-kota besar tidak sulit kita mencari persewaan mobil ini. Keperluan masyarakat akan jasa persewaan mobil ini bermacam-macam kebutuhannya seperti kepentingan kerja, gengsi, keperluan keluarga atau rombongan, efisiensi perusahaan dan berbagai macam alasan lainnya, tak ayal perusahaan sekelas BUMN pun menggunakan jasa ini agar lebih efisien dalam operasional lapangan mereka karena tidak repot-repot kalkulasi biaya perawatan kendaraan pribadi dan sejenisnya.


Maraknya bisnis persewaan mobil ini maka pelaku kejahatan penjualan dan penggelapan mobil ini kian marak, tak ayal para pelaku bisnis ini tidak sedikit yang harus rela kehilangan mobil-mobilnya karena ulah oknum ini. Modusnya berbagai macam cara dari menyewa mobil lalu dipindah tangankan, menjual ke pihak penampung mobil bodong, hingga sengaja dicuri lalu untuk dipreteli sparepart-nya. Aparat keamanan juga dibuat pusing tujuh keliling dengan kasus-kasus seperti ini. Para pelakunya mulai dari penjahat, orang luar, orang sekitar, teman, bahkan ada oknum berseragam atau siapapun karena tergoda akan hasil kejahatan ini.

Hadirnya alat khusus untuk pengaman mobil seperti GPS tracker atau yang sering disebut GPS pelacak di era-era tahun 2003 ke atas di Indonesia ini sangat membantu dalam kelancaran dan keamanan bisnis rental mobil ini, baik disewa paketan menggunakan sopir atau sewa lepas kunci. Pemilik bisnis ini dapat dengan mudah mengontrol, memonitor, melacak seluruh armada kendaraannya semudah di balik meja dengan komputer berinternet atau dengan handphone.

Mahalnya harga GPS pelacak ini membuat hanya beberapa pebisnis persewaan mobil yang mempergunakannya di tambah informasi untuk mendapatkan alat ini masih sangat minim hanya golongan tertentu saja yang tahu, maka di era itu GPS tracking ini benar-benar merupakan pengaman tunggal & sakti (baca : ampuh) untuk armada kendaraan jasa persewaan mobil ini.

Seiring perkembangan jaman hingga di era tahun 2008 - 2009 bisnis jasa persewaan mobil ini sangat membludak mulai bisnis yang dijalankan pribadi hingga perusahaan sekelas persero. perkembangan ini di imbangi dengan banyaknya type GPS pelacak dengan berbagai merek dan kualitas tentunya dengan harga semakin terjangkau dan bersaing. Untuk mendapatkan informasi dimana dijualnya alat pelacak ini tidaklah sesulit dahulu karena dapat dijumpai baik di papan bilboard / spanduk persimpangan jalan, koran, spanduk stan penjual, majalah, iklan radio hingga iklan internet. Entah siapa dulu yang memulai hingga para penjual GPS pelacak ini seperti bermarathon untuk mendapatkan pelanggan yang banyak dengan terang-terangan memampang iklan seperti bertuliskan "Jual GPS pelacak mobil anti maling, murah!!" besar-besar.

Entah ini disebut kiat bisnis untuk sukses sebuah perusahaan GPS atau justru mengesampingkan etika pemanfaatan alat pelacak ini bagi konsumen, yang pasti terbukti dengan publikasi alat pelacak dengan iklan secara masal ini masyarakat banyak tahu akan alat pengaman ini, alat GPS jadi laku keras dan masyarakat merasa banyak terbantu dengan fungsi alat yang canggih ini. Namun yang patut di ingat adalah semakin banyak orang yang tahu alat dan fungsi pengaman ini maka hukumnya adalah semakin pula alat ini berkurang nilai keamanannya.

Terbukti hingga tahun 2012 ini banyak juga mobil dari rental ini berhasil di curi dengan mempreteli alat GPS pelacaknya terlebih dulu tentunya oleh orang dekat atau yang telah ahli karena beberapa GPS pelacak dilengkapi dengan sensor atau sinyal pemberitahu jika alatnya diputus dari kabel mobil. beberapa berhasil diketemukan dengan bantuan aparat keamanan atau jasa keamanan beberapa harus merelakan hilang begitu saja mobilnya.

Namun dengan adanya hal ini maka pelaku bisnis persewaan mobil lebih berhati-hati kembali melepas mobilnya ke tangan penyewa dengan lebih selektif kembali karena dengan lebih mawas diri maka akan semakin aman kendaraannya disamping pemanfaatan alat bantu GPS pelacak tersebut. Di pihak perusahaan penyedia peralatan GPS ini lebih memuthakirkan kembali teknologi dan fitur alatnya. sehingga manfaat alat pengaman ini benar-benar dirasakan penggunanya oleh konsumen.

Untuk ukuran masyarakat GPS ini masih sangat membantu dalam pengamanan kendaraan konsumennya, minimal dapat membantu memperlambat atau mengurangi angka pencurian dan penggelapan mobil ini.

selalu waspadalah !!!

Facebook Google twitter
Keyword: Manfaat GPS Tracker Bagi Mobil Rentcar
Comments
0 Comments